TRAVEL

Monumen Historis Place de la Concorde

place de la concorde

Surabaya, Vtrust News

 

Satu lagi bangunan khas yang menjadi ikon kota Paris, bentuknya tegak meninggi dengan ukiran yang memenuhi sisi-sisinya, terdapat juga lapisan emas pada puncak runcingnya yang membuat bangunan bersejarah ini nampak semakin apik. Ikon tersebut sangat mudah dijumpai ketika berkunjung ke kota Paris. Nilai historis dari pemerintahan Paris tempo dulu abadi dalam bangunan tersebut.

Tempat yang bersejarah ini, menjadi saksi bisu pemerintahan Paris di masa itu. Awalnya Place de la Concorde dibangun sebagai tempat penghormatan dari Raja Louis XV yang disimbolkan berupa patung Raja Louis XV di atas kuda. Patung tersebut dipahat oleh Edmé Bouchardon, dan diselesaikan oleh Jean-Baptiste Pigalle setelah kematian Edmé. Awal nama tempat tersebut adalah Place Louis XV, persis dengan nama patung yang diletakkan di sana sebagai ikon sentral.

Pada pemerintahan Raja Louis XVI nama tempat tersebut berganti menjadi Place de la Revolution dan patung tersebut digantikan dengan guillotine untuk pengeksekusian, sekaligus dijadikan sebagai tempat eksekusi. Sejarah mencatat dalam setahun 1119 jiwa telah dipenggal di tempat tersebut, termasuk Raja Louis XVI yang juga berakhir dengan hukuman penggal bersama istrinya Marie Antoinnette dan juga Princess Elisabeth.

Setelah revolusi Perancis, Place de la Revolution berganti nama menjadi Place de la Concorde sampai sekarang. Simbol tempat tersebut pun berubah menjadi obelisk yang dihadiahi oleh Raja Muda Mesir pada tahun 1836, sebagai simbol perdamaian setelah ‘pemerintahan teror’ di zaman revolusi. Hingga kini Place de la Concorde menjadi satu di antara destinasi Paris yang bernilai sejarah.

Place de la Concorde kini menjadi alun-alun kota Paris, terletak cukup dekat dengan Museum Louvre. Didesain oleh Ange-Jacques Gabriel tahun 1755 M berbentuk oktagonal dikelilingi parit antara Champs-Élysées di barat dan Tuileries Garden di timur. Terdapat juga beberapa patung dan air mancur sebagai penambah estetika. Destinasi dengan pelataran yang luas ini, sering menjadi tempat perayaan hari besar di kota Paris, tempat bertemu, sekadar mengobrol, dan bersantai menikmati waktu.

Place de la Concorde menawarkan kenangan tak terlupakan di tengah suasana kota Paris yang menawan dengan romansanya yang khas.
 
(fda/vtrust)

Bagikan artikel ke

Another Destination