TRAVEL

“Musée du Louvre”

Keeksotisan Sejarah yang Tertinggal

“Musée du Louvre”

Surabaya, Vtrust News

 

Paris, kota destinasi menarik, unik, dan ikonik. Beragam macam tempat yang dapat dikunjungi di kota pusat mode ini. Selain keromantisannya ada tempat yang memuat sejarah dari banyak peradaban dari seluruh dunia. Tempat bersejarah yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Paris adalah Musée du Louvre. Terletak di tengah Kota Paris pada lingkungan arondisemen I, sebagai penyimpanan peninggalan bersejarah dari seluruh dunia.

 

Tahun 2008 Musée du Louvre yang umumnya disebut Museum Louvre membagi kuratorial menjadi beberapa bagian, di antaranya peninggalan dari zaman Mesir Kuno, Timur Dekat, Yunani, Etruskan, dan juga Romawi. Sebelumnya Museum Louvre ini merupakan istana dari Raja Perancis Louis XIV yang kemudian, ditetapkan oleh Majelis Nasional Perancis untuk menjadikannya museum pada Revolusi Perancis.

 

Peninggalan yang ditempatkan di Museum Louvre ini, meliputi peninggalan dari banyak zaman di seluruh dunia. Bisa dikatakan bahwa museum ini merupakan museum terbesar dan paling banyak dikunjungi dari wisatawan seluruh dunia.

 

Banyak sekali keunikan Museum Louvre, di antaranya peninggalan Mesir Kuno  berupa Mummy yang masih terjaga keasliannya. Selain itu yang paling terkenal dari museum ini tentunya adalah lukisan asli dari Mona Lisa karya seniman Leonardo Da Vinci. Kemudian seni pahat Winged Victory of Samothrace yang merupakan simbol Dewi Kemenangan, Venus  Milo yang melambangkan keindahan perempuan tanpa lengan dan banyak pula karya abadi yang ditata rapi di sana, sebagai peninggalan situs bersejarah. Total koleksi peninggalan bersejarah di Museum Louvre adalah sekitar 35.000 dari seluruh dunia.

 

Sebelumnya Musée du Louvre sempat berganti nama menjadi Musée Napoléon Bonaparte (1769-1821) sampai akhirnya kembali lagi menjadi nama yang kita kenal sampai sekarang. Museum tersebut juga khas dengan bangunan piramid karya I. M. Pei yang diresmikan pada 1989. Kini, piramid tersebut menjadi ikon dari museum yang pasti akan dijumpai ketika berkunjung ke sana. Selain itu, keunikan lain adalah tiga bagian tempat yang memuat masing-masing karya yang sengaja dikategorikan, yaitu Sully Wing, Rachelieu Wing, dan Denon Wing demi kemudahan para wisatawan.

 

(fda/vtrust)

Bagikan artikel ke

Another Destination